Terong Goreng Crispy

Terong Goreng Crispy

Anak Anda susah makan sayuran? Anak saya sebenarnya juga sih… Bahkan hanya sepotong daun bawang yang hanya seujung kuku ditemukan pada sayur sopnya, dia bisa singkirkan jauh-jauh. Kalau kuah supnya, jelas dia suka..

Tapi, ketika saya buatkan anak-anak omelet atau schotel tahu atau schotel mie, dengan berbagai macam sayuran, ya dia bisa makan semuanya. Mungkin, ia tidak suka sayuran dalam bentuk yang kelihatan ya…

Ketika saya pergi ke Yogyakarta, dan mampir ke sebuah resto di Cangkringan, Sleman, dalam salah satu menunya mereka menyuguhkan Terong Goreng Crispy. Ini adalah terong yang dipotong tipis-tipis lalu dibalur dengan tepung dan digoreng. Sebaiknya sih dimakan ketika masih hangat, karena masih berasa kriuk..kriuk..

Saya rasa ini bisa dicoba untuk anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Bukan hanya terong saja yang bisa digoreng, tapi coba berbagai macam sayuran, seperti kembang kol, buncis, brokoli, atau jamur. Untuk brokoli, supaya tidak berbau langu, siram dengan air panas, lalu tambahkan satu sendok teh gula. Warna brokoli tetap hijau, dan tidak berbau langu.

Cara membuatnya, setelah sayuran dicuci, sebaiknya tiriskan hingga benar-benar tiris. Lalu celupkan pada kocokan putih telur, kemudian balurkan dengan tepung. Tepung yang dipakai bisa tepung jadi dalam kemasan. Bisa juga bikinan sendiri, dari tepung terigu yang ditambahkan sedikit tepung beras, merica, garam, bubuk bawang putih. Sajikan dengan saus tomat, saus sambal, atau mayones.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s