Ikan Acar Kuning

Ikan acar kuning

Hallloooo… pa kabar?

Bagaimana kabar teman-teman hari ini?

Tetangga sebelah mengirimi saya belimbing wuluh dari depan rumahnya, satu kantong plastik. Wuih… banyak amat. Suami saya bilang, itu dimasak ikan pake bumbu kuning itu. Ya kalaupun untuk itu, paling-paling kan sifatnya hanya sebagai bumbu, dipakainya hanya 2 buah saja. Jadi suami saya pikir, untuk sayuran bisa memakai belimbing wuluh banyak… Hehe ada-ada saja.. Saya tidak bakalan masak dengan belimbing wuluh sebanyak itu, karena saya bukan penyuka rasa asam. Lebih baik saya disuruh makan cabai rawit 10 biji daripada suruh makan belimbing wuluh atau mangga muda.

Terinspirasi ide suami saya, akhirnya saya pilih masakan Ikan bumbu acar kuning. Acar kuning sama halnya dengan acar kuning seperti biasa itu lho.. kalau biasanya ditambahkan dengan cuka saya ganti dengan  belimbing wuluh. Karena memang di dapur saya tidak tersedia cuka. Biasanya sih kalau tidak ada belimbing wuluh ya pakai air jeruk nipis/lemon.

Bahan: ikan kembung (bisa diganti dengan ikan apa saja sesuai selera), mentimun, wortel, putren (bila suka), sereh (ambil putihnya), daun jeruk, belimbing wuluh, garam, gula pasir, bawang merah (potong sembarang), bawang putih (potong sembarang), cabai rawit hijau/merah.

Bumbu yang dihaluskan: bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyi (bakar dahulu).

Cara memasak:

  • Potong wortel, mentimun, dan putren memanjang.
  • Ikan digoreng setengah matang.
  • Tumis bumbu dengan sedikit minyak.
  • Masukkan sereh, daun jeruk, garam, gula, belimbing wuluh.
  • Masukkan wortel. Tambahkan sedikit air. Didihkan.
  • Masukkan putren, lalu masukkan mentimun. Didihkan.
  • Masukkan ikan goreng. Aduk, tapi jangan sampai ikan hancur.

Siap disantap dengan nasi hangat…. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

