Ikan Sayur

Ikan sayur

Ikan sayur ala warung padang

Hai…. Pa kabar….?

Setiap weekend, karena Ibunya tidak ngantor, biasanya anak-anak minta dibuatkan masakan berbahan dasar ikan. Ikan apa saja. Tapi yang sering dimasak sih, ikan lele. Dan, anak-anak maunya ikan lele goreng. Kebetulan anak-anak lagi batuk, kali ini ikan tidak saya goreng, tapi saya masak menjadi sayur. Sayur ikan kuning, kata anak-anak, karena warna sayurnya kuning. Mirip dengan masakan ikan di rumah makan padang, tapi mungkin bumbu-bumbunya tidak selengkap mereka.

Kebetulan ada teman yang minta resep ini, nah sekarang ini saya postingkan ya… Nah kebetulan pula, anaknya tidak suka ikan laut. Jadi gimana dong? Ikan lautnya bisa diganti dengan ikan air tawar, misalnya. Atau kalau si anak lebih suka ayam, ganti ikan dengan ayam. Rasanya tetap enak kok… Cara masaknya juga sama. Selamat mencoba ya….

Bahan: ikan tongkol, kacang panjang, kol, salam, lengkuas (memarkan), sereh (ambil putihnya, memarkan), daun jeruk, jahe seruas ibu jari (bakar, kupas, cuci, memarkan), cabai rawit utuh, santan, garam, gula.

Bumbu yang dihaluskan: bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit (terlebih dahulu, bakar, kupas, cuci), cabai merah (bila suka)

Cara memasak:

  • Cuci ikan, lalu kucurkan air jeruk nipis. Sisihkan.
  • Dengan sedikit minyak, tumis bumbu halus.
  • Masukkan salam, lengkuas, sereh, daun jeruk, jahe (gunanya supaya ikan tidak terlalu amis).
  • Masukkan santan. Aduk terus hingga mendidih. Setelah mendidih, aduk terus, hingga santan agak berkurang dan tidak pecah. Masukkan cabai rawit.
  • Tambahkan garam, gula. Koreksi rasanya.
  • Masukkan ikan tongkol. Aduk sebentar. Jangan sampai ikan hancur.
  • Masukkan kacang panjang. Masak hingga kacang panjang matang.
  • Masukkan kol.
  • Siap disantap dengan nasi panas.

Karena kebetulan anak-anak tidak semua suka pedas, saya tidak menambahkan cabai dalam bumbu halus. Bila Anda suka pedas, silakan tambahkan cabai merah dalam bumbu yang dihaluskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s