Mau BAB Lancar? Coba Konsumsi Kiwi

Buah Kiwi
Kebetulan saya mendapatkan kiriman buah kiwi dari Zespri Kiwi sebanyak 28 buah. Diharapkan setiap hari saya mengonsumsi 2 buah kiwi selama 14 hari. Dan setelah itu rasakan bedanya pada tubuh saya.
Pada dasarnya, saya adalah pemakan sayur-sayuran dan buah-buahan. Meski buah yang saya konsumsi tidak sebanyak sayuran, tapi asupan serat, rasanya cukuplah. Jadi, saya tidak punya masalah dengan buang air besar (BAB).
Nah, namanya juga dikirim ke rumah. Ya, pastilah yang makan bukan hanya saya, tapi justru anak-anak. Hanya saja mereka sedikit kecewa karena saya pernah membawa Kiwi Gold dari Zespri, tapi yang dikirim ini adalah Kiwi Green. Kiwi hijau, yang memang rasanya sedikit asam dibanding yang kuning.
Jadi, kiwi sebanyak 28 buah itu praktis tidak seluruhnya saya yang mengonsumsi. Sebagian besar anak-anak saya, itu pun sesuai tingkat kematangan buah kiwi. Karena buah tersebut tidak matang secara bersamaan. Yang jelas, begitu mereka merasakan sedikit asam, mereka langsung meletakkan kembali sendok untuk menyendoki buah kiwi tersebut.
Yang saya perhatikan, salah seorang anak saya agak sulit BAB. Tapi begitu ia makan buah kiwi ini, keesokan harinya ia mudah sekali BAB, tanpa perlu mengejan.
Buah kiwi kaya akan vitamin C dan E. Kandungan vitamin C pada kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dan kandungan vitamin E-nya lima kali lebih besar dibandingkan apel, tentunya dengan perbandingan berat yang sama. Buah kiwi juga kaya akan serat dan mengandung enzim unik actinidin, yang berfungsi membantu pencernaan protein seingga lebih mudah diserap. Asam folat yang terkandung dalam buah kiwi bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil. Yang jelas, buah kiwi aman bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah.
Nah, kalau Anda bermasalah dengan BAB, coba deh konsumsi kiwi, sehari cukup 2 buah kiwi dan tambahkan 3 porsi sayur setiap harinya secara teratur. Bukan hanya baik untuk pencernaan, tapi juga memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

